Senin, 13 Maret 2017

ciri ciri karburator bermasalah dan solusinya

               kini saatnya mengetahui masalah di peranti pengabut bahan bakar itu. permasalahan utama di karburator hanya kotor. Jadi, kuncinya harus rajin bebersih.“Ciri karbu bermasalah karena kotoran juga ringan saja. Yaitu, mbrebet-brebet pada putaran mesin tertentu, atau mogok sama sekali. Gejala yang kita rasakan tenaga motor jadi ngedrop atau larinya berat.Nah, sekarang mulai runut kotoran apa dan di mana aja yang bikin karbu itu ngadat. Ada 2 kotoran yang bisa menyusup ke karbu. Yaitu, debu dan air. “Debu ikut udara yang diisap karbu. Air bisa datang karena menerjang genangan air, saat mencuci, atau terbawa saat pengisian bahan bakar.
 

                Debu mestinya terjaga di saringan karburator. Makanya, kalo gak buat balap, haram melepas filter udara. Sumbatan debu di filter bikin suplai udara ke karbu kurang dibanding suplai bahan bakar. Alhasil, lari motor terasa berat.

Solusinya tergantung filter. Ada dua jenis filter. Dari bahan kertas atau dari busa. Filter berbahan busa bisa dicuci bensin lalu dikeringkan. Atau cukup menyemprotnya dengan angin kompresor. “Tapi, kalo filter kertas cuma boleh disemprot angin kompresor. Kalo kotor gak bisa hilang, ya harus ganti,”
 
                Jika lolos dari filter udara, debu terbawa ke ruang bakar. Kalau terjadi, debu jadi kerak di kepala piston atau di cylinder-head. Yang agak repot jika nyangkut di air-jet. Kata Juki, cirinya, motor sulit distart. Maunya dicuk dulu.
Itu karena semprotan udara by-pass dari air jet kurang atau bahkan tidak ada. Makanya perlu dibantu membuka choke. “Solusinya eces. Cukup semprotin kompresor ke air-jet. Boleh juga dibantu cairan pembersih karburator agar debu mudah larut,”


KOTORAN DARI BENSIN
Sekarang kalau kotoran menyusup lewat bahan bakar di tangki. Yang ini bisa berupa debu atau air. Biasanya kotoran dari tangki mencemari main-jet dan pilot-jet. “Atau nyangkut di saluran pemasukan karbu. Biasanya kotoran mengganjal jarum pelampung. Akibatnya, aliran bahan bakar ke karbu nggak bisa berhenti. Ini namanya karbu banjir,” jelas Juki.
Sebagai pertolongan pertama, buang bahan bakar yang ada di mangkuk karbu. Caranya, buka saluran pembuangan di mangkuk dengan obeng. Agar ketahuan bahan bakar di mangkuk karbu kotor atau tidak, baiknya bensin buangan tadi ditampung di wadah.

Jika kotor parah, baiknya bongkar karbu. Lepas dulu skepnya. Lalu kendurkan klep pengunci dari boks filter dan dari intake manifold untuk melepas karbu. Setelah itu, bongkar di wadah biar gak berantakan. Ingat selalu urutan membongkarnya, agar tak lupa saat merakit kembali.

Setelah terurai, trik bersihinnya tetap dengan menyemprotkan angin kompresor. Akan lebih bagus dan cepat bila perlu dibantu cairan pembersih.

Oh ya, mumpung karbulagi dibongkar, sekalian bersihin selongsong skep atau choke-nya, ya. Kalau sudah beres, selamat jadi mekanik kecil-kecilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar